Rabu, 25 Mei 2016

Masjid tanpa kubah

     semuanya, kali ini aku mau sharing (lagi) tentang artikel yang kudapat dari bobo online tenang sebuah masjid yng dibangun tanpa kubah penasaran kaaan? yuk baca!
 
     


     Masjid tanpa kubah? Kira-kira... seperti apa, ya?
Setiap bangunan memiliki ciri khas masing-masing. Begitu juga dengan masjid. Satu ciri yang menandakan bangunan itu masjid adalah bentuk kubahnya! Ya, ya, kita bisa mengetahui sebuah bangunan itu masjid dari bentuk kubah.
Tapi, bagaimana kalau masjid itu tidak mempunyai kubah? Nah, inilah yang terjadi dengan masjid terbesar di Asia Selatan dan juga salah satu masjid terbesar di dunia, Masjid Faisal.
Bentuk masjid Faisal lebih banyak berbentuk seperti segitiga di empat sisi. Bagian empat menara di sekeliling bangunan seolah-olah menjadi tiang pelindung masjid.

Masjid Faisal

   Begitu luas dan besarnya masjid ini, benar-benar menakjubkan! Apalagi sang arsitek yang berasal dari Turki, Vedat Dalokay mendesain dengan bentuk yang tak biasa.
Masjid Faisal terletak di Islamabad, Pakistan. Nama Faisal diambil dari seorang raja yang telah membiayai berdirinya masjid, yaitu, Raja Faisal bin Abdu dari Arab Saudi.
Megah dan luas! Begitu luasnya, sampai-sampai masjid ini bisa menampung 10.000 jamaah di ruang doa utama, 24,000 dalam portico nya, 40.000 di halaman tersebut, dan 200.000 lainnya di lahan sebelahnya.
Masjid dengan luas 5000 m2, jika dilihat dari ketinggian seperti layaknya masjid-masjid yang ada di Mekkah.
Masjid Faisal

     Pemandangan di sekitar masjid juga tak kalah cantik. Ada bukit-bukit hijau menghiasi hingga membuat mata yang memandang terasa lebih sejuk.
Malam hari, sinar-sinar lampu kian memperlihatkan desain moderen masjid. Sorot lampu di berbagai penjuru membuat masjid ini mencuri perhatian mata yang memandang. Luar biasa indah!
Akan lebih indah lagi, jika suatu saat bisa beribadah di Masjid Faisal, masjid tanpa kubah ini. Bagaimana dengan kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar